Rabu, 13 Februari 2013

Pemeran :
M. Chairul sebagai yuyu kang kang
Rendra Tua S. Sebagai joko, anak emil
Devi Yunitia sebagai klenting merah
Emilia Setyawati sebagai ibu pangeran (janda jandi)
Mei Sefriyani sebagai klenting kuning
Dwi Adhelina sebagai klenting hijau
Hilda Novia sebagai ibu klenting (janda rempong)
Dwi Agung P. Sebagai pangeran

Ande-Ande Lumut

Di suatu daerah Entah Dimana, hiduplah sebuah keluarga yang memiliki 3 orang putri. Mereka hidup bersama ibu mereka yang bernama Janda Rempong. Ketiga anaknya itu masing-masing bernama Klenting Merah si genit, Klenting Hijau si centil, dan Klenting Kuning siapa, eh si lebay maksudnye.

Hilda : “Anak-anak, sini semua. Absen dulu ya...”
Devi : “Klenting Merah udah follow”
Adhel : “Klenting Hijau udah add”
Hilda : “kok cuma 2. kuning mana kuning”
Devi : “masih hanyut di sungai Mi. Tuh tadi aku liat ada kuning-kuning lewat. Hehehe”
Mei : “ada yang manggil aku?” (innocent)

Di daerah lain, di desa Entah Disana, hidup keluarga lain. Seorang janda yang bernama Janda Jandi dan seorang anaknya yang abernama Joko. Suatu hari, Joko diperintah ibunya untuk kehutan mencari kayu bakar.
Rendra : “Haduuuuhhh, emak iki rek. Arek ganteng-ganteng ngene di kongkon ndolek kayu. (sambil mengambil kayu)
(suara semak *krusek krusek)
siapa itu ?
Agung : ” Bro, aku tersesat”
Rendra : ”teruuussss, gue musti koprol muterin hutan sambil bilang W O W gittuuu?
Agung : “yo tulungono aku ngono loh bro”
Rendra : “yowes, ayo ikut aku pulang”

Joko pulang ke rumah Janda Jandi bersama orang yang baru di temuinya tersebut. Sesampainya di rumah....

Emil : “loh loh loh loooohhhhh. Sopo iku, le? Bagus tenan rupane.”
Rendra : “Oh iyo. Btw, namamu siapa, bro?”
Agung : “perkenalkan. Nama saya Pangeran Sana Sini. Niat saya hendak mencari jodoh, eh lha kok malah tersesat.”
Emil : “waduh, disini bukan biro jodoh, le. Saya tidak punya stok calon istri untuk mu.”
Rendra : “aku ja masih jomblo, bro.”
Emil : “ya udah kamu nginep disini aja dulu. Besok kamu akan kami tawarkan ke teman-teman tante. Kamu istirahat dulu gih. Saya akan menyiapkan makan buat kita.”

Pangeran Sana Sini menginap di rumah Janda Jandi. Keesokan harinya...

Rendra & Emil : (nyanyi lagu Wali-Cari Jodoh)
“pengumuman-pengumuman siapa yang punya gadis bilang kita, kita yang”
Hilda : “eh eh eh, ada apa ini, jeng?”
Emil : “INI LOH JENG (IMPROVE REMPONG). JOKO NIH, ANAK SAYA YANG PALING CAKEP SEDUNIA, kemarin habis nemu pangeran ganteng dan gagah di hutan. Eh ternyata pangerannya lagi nyari calon istri. Jeng Rempong khan punya anak gadis tuh, ajak maen aja ke rumah. Siapa tahu cocok jeng. Lumayan lohhh...”
Hilda : “LHO, IYA TA JENG. YAWES YAWES. TAK PULANG DULU. MAU NDANDANI anak-anak ku dulu jeng. Mari jeeeenggg...:)”

Janda Jandi dan anaknya segera pulang setelah memberikan pengumuman ke beberapa wilayah Entah Dimana. Sedangkan Janda Rempong segera menemui anak-anaknya

Hilda : “Hey bocah-bocah. Ayo absen”
Adhel : “Klenting Hijau disini”
Devi : “Merah juga”
Hilda : “Kuning nang ndi maneh.”
Devi & Adhel : “Dihatimu...”
Hilda : “Ning, Kuning. Ndang mrene. Kuping opo srebeh seh di celuk mbidhek ae
Mei : “sabar toh, buk. Aku lagi nyuci nang bathtub, mankanya gak denger suara e ibuk.
Adhel : “bak, Ning. Alay iki athek bathtub barang.”
Hilda : “wes, buyar buyar. Saiki pasang kuping kabeh. Ada pengumuman penting iki.
Adel + Mei +Devi (jewer kuping) : “siiiaaap”
Hilda : “eleng bulek Jandi? Iku loh temen e mami yang rumah e Entah Disana. Dia tadi cerita kalo sekarang punya anak angkat. Lha anak angkatnya itu lagi nyari calon istri.
Mei : “bijim buk. Anak'e iku diangkat teko ndi?
Hilda : “yo mboh ndug. Mboh teko kali, mboh teko sampah, pokok'e khan ganteng.
Adhel : “lho, ganteng Mi? Fb e apa biar aku add
Devi : “uda gak jamannya facebook tau. Sekarang tuh jamannya twitter
Mei : “aku yang punya MySpace, blog, ama WhatsApp, biasa aja tuh.”
Hilda : “Rempong amat sih kalian ini. Udah ndang ke salon sana.
Mei : “bijim bijim. Salon apa dulu Mi. Salon sound system itu ta?
Devi : “Salondre. Sekalian tuh bawa gombal-gombal mu.

Ketiga bersaudara itupun rempong mempersiapkan segala sesuatu untuk menemui pangeran di negeri Entah Disana. Daripada kita menyaksikan kerempongan mereka, lebih baik kita langsung ke keesokan harinya....

Hilda : “anak-anak, ayo absen”
Devi : “(datang setengah berlari) haduh Mi. Bosen absen melulu. Aku belum kelar nih sama baju ku”
Adhel : “aku juga Mi, rambut ku belum aku tata. (megang rambut)
Devi : “Kuning pasti lemot”
Mei : “bentar dong buk. Aku khan mau terlihat paling cantik disana.”
Hilda : “wes wes. Mami tetap yang paling cantik (rodok endhel). Wes ayo budhal. Nanti keburu siang.

Mereka bergegas menuju kediaman Janda Jandi. Namun langkah mereka berhenti didepan sebuah sungai.

Devi : “haduh Mi, gimana ini nyebrangnya?”
Mei : “berenang aja kak. Ayo”
Adhel : “haduh, nanti rambut ku rusak kalo renang (endel, megang rambut)

K'Chau : “(keluar dari sungai) ada yang mau nyebrang?”
Adhel : “iiiihhhh, monster kepiting”
K'Chau : “jangan asal bicara (tegas). Aku Yuyu Kang Kang. Tanpa bantuan ku, kalian tidak dapat menyebrang.
Devi : “terus, apa balasan yang harus kita berikan kepadamu?”
K'Chau : “gampang kok cantik. Aku akan menyium kedua pipimu. Itu saja”
Adhel : “iiihhhhh, males beeuuuuddhhhh”
K'Chau : “yasudah kalo tidak mau. Kalian harus berenang. Rambut dan gaun kalian pasti rusak”
Hilda : “udah deh. Ayo naik semua. Mau gimana lagi. Nanti pangeran keburu diambil orang, sayang.

Janda Rempong dan ketiga anaknya naik diatas Yuyu Kang Kang. Dan sesampai di ujung sungai Klentng Merah dan Klenting Hijau di cium oleh Yuyu Kang Kang. Tetapi Janda Rempong dan Klenting Kuning tidak diciumnya.

Devi : “kok kuning sama mami enggak?”
K'Chau : “Mami kalian sudah peyot. Si kuning juga tidak sewangi kalian. Aku tidak suka. Selamat jalan semuanya.” (pergi ke sungai lagi)

Keluarga Janda rempong pun melanjutkan perjalanan mereka menuju rumah Janda Jandi. Tak beberapa lama, mereka telah sampai didepan rumah Janda Jandi.

Emil : “haduh jeng, sudah sampai ternyata. Silahkan masuk”
Hilda : “mana jeng pangerannya?
Emil : “dia malu katanya jeng. Jadi, putri jeng harus masuk ke bilik satu persatu untuk bertemu dengan pangeran. Silahkan, Joko akan mengantarkan satu persatu.
Mei & Adhel : “aku duluan yang masuk. Aku duluan. (rebutan)
Devi : “karena aku tertua, jadi aku duluan yang masuk. Gak boleh protes.

Devi masuk bersama Rendra.


#terusane doromg oleh inspirasi. Mohon bantuannya yang berminat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar